Friday 27 January 2017

CARA MEMPERBAIKI MAF SENSOR


Asallamu alaikum wr wb  Jakarta  Jan 2017



MAF SENSOR




Pada postingan sebelumnya telah saya jelaskan tentang : "NAMA SENSOR PADA MOBIL TOYOTA AVANZA". Kali ini akan saya jabarkan satu persatu.

“Mass air flow(MAF) atau sensor saringan udara sering lolos dari perhatian para pemilik kendaraan. Padahal jika rajin membersihkan sensor ini dapat menaikan peforma pada kendaraan juga.

Mass air flow sensor berfungsi untuk menakar volume udara yang masuk ke ruang bakar agar debit bensin yang disemprot injektor bisa benar-benar pas alias sesuai atau untuk mengetahui banyak sedikitnya udara yang akan masuk ke dalam intake manipold.

Bila sensor ini kotor akibat debu, uap oli atau kotoran, proses membaca volume udara menjadi tidak maksimal. Terasa pada sisa pembakaran yang pedas di mata, konsumsi BBM boros atau tarikan berat.

Tetapi tak usah khawatir karena sekarang mulai banyak chemical spray yang dikhususkan untuk membersihkan mass air flow sensor. CRC salah satunya (Gbr.1). Produsen cairan pembersih dari Amerika ini bisa dibeli ke supermarket perkakas seperti Ace Hardware dan sebagainya.

Caranya pun cukup mudah. Hanya dengan mencopot MAFS dari tempatnya yang lazim berada di belakang air filter. Gunakan obeng untuk mengendurkan pengikat MAFS di bagian belalai air intake.

Jangan lupa mencopot soket kabel yang menghubungkan MASF dengan ECU (Gbr.3). Setelah terlepas, bersihkan dengan menyemprotkan MAFS cleaner dengan jarak sekitar 20 cm dari permukaan yang akan dibersihkan.

Lakukan dengan hati-hati mengingat MAFS memiliki sensor yang rawan rusak bila terkena benda atau obyek keras. Hindari menyemprot kawat atau sensor MASF dengan jarak terlalu dekat. Lakukan semprotan berulang kali hingga kotoran habis.

Akan terlihat residu hitam yang jatuh ke lantai akibat terkena cairan pembersih. Tak ada salahnya mengalasi lantai dengan koran bekas atau bekas lap agar tak mengotori ubin atau keramik.

Terakhir, biarkan MAFS kering dengan sendirinya. Jangan gunakan angin bertekanan (kompresor) untuk menghindari kerusakan pada MAFS.

Demikian informasi dari saya. Semoga bermanfaat.

14 komentar:

Naufal Zufar said...

Informasinya cukup akurat, gan !

Wahidin Arsyad Sirate said...

Good....thanks infonya

Unknown said...

Apakah ini bisa dilakukan pada mafs nissan xtrail t30 qr25?

Unknown said...

Apa bila sudah patah, apa masih bisa di perbaiki?

Unknown said...

Bisa dicoba nih

Febriansyah said...

Apkah ada selain spray khusus seperti bensin atau yang lainnya

Anonymous said...

Judulnya "membersihkan". Kalau "memperbaiki" lain lagi. Nanti ngepel lantai dibilang memperbaiki lantai, ngelap mobil jadi memperbaiki meja, mandi dibilang servis body. HAHA... Maaf, salah masuk saya.

Unknown said...

Maaf gan kalau map nisan xtrail rusak bisa d service gak terima kasih.

Unknown said...

Kl ada masalah dngan mafs sensor,apa lampu chek engine menyala gan,mohon info nya,trims....

Dgdhjs said...

Klau mobil eterna bisa gan

Unknown said...

Mau tanya apa namanya isolasi yang ada di soket sensor saringan udara pada grand new Veloz.

Unknown said...

Klo yg patah vcb nya apakah bisa di akalin supaya bisa normal lg

Is hariyanto said...

Judulnya mwmperbaiki tp kok pembahasane malah cuma membersihkan, padahal arti kata membersihkan dan memperbaiki itu sangat jauh. Jika membersihkan itu dari kotor jadi bersih, tp jika memperbaiki itu dari rusak jadi baik.

Anonymous said...

Mau tanya. Pada saat mau bersihin sensor map susah nyabutnya dan akhirnya patah didalam pas mau nyungkil keluar malah masuk kedalam patahannya. Gk bisa ngeluarin. Tidak apa apakah jika mesin dihidupkan???

Post a Comment