Wednesday, 8 February 2017

FUNGSI MAP SENSOR ATAU MANIFOLD ABSOLUTE PRESSURE


Asallamualaikum wr.wb Jakarta Feb 2017




Banyak orang menyangka MAP Sensor adalah MAF Sensor, ternyata ada perbedaan antara MAP SENSOR (MANIFOLD ABSOLUTE PRESSURE) dengan MAF SENSOR (MASS AIR FLOW).

Sebelumnya telah kita bahas mengenai
"MAF SENSOR (MASS AIR FLOW)" . Kali ini saya akan mencoba membahas tentang 
MAP SENSOR.


Fungsi dari MAP SENSOR adalah untuk mengetahui kondisi kevacuuman intake manipold, Selanjutnya dari ECU mesin EFI informasi yang berasal dari tegangan output MAP sensor akan diteruskan ke Injektor untuk memberikan Suplai sejumlah bahan-bakar sesuai kebutuhan mesin.

Mesin yang menggunakan sensor MAP biasanya bahan bakar injeksi. Manifold sensor tekanan absolut memberikan informasi tekanan manifold seketika ke unit kontrol elektronik mesin (ECU). Data tersebut digunakan untuk menghitung kepadatan udara dan menentukan laju aliran massa udara mesin, yang pada gilirannya menentukan metering bahan bakar yang diperlukan untuk pembakaran yang optimal  dan mempengaruhi  timing pengapian.

Sebuah mesin injeksi bahan bakar secara bergantian dapat menggunakan sensor aliran udara massa (sensor MAF) untuk mendeteksi aliran udara intake. Sebuah konfigurasi khas menggunakan satu atau yang lain, tetapi jarang keduanya.

Demikian informasi dari saya. Semoga bermanfaat








e

0 komentar:

Post a Comment