Monday 30 January 2017

FUNGSI THROTTLE POSITION SENSOR (TPS)


Asallamu alaikum wr wb  Jakarta  Jan 2017


Throttle position Sensor


Pada postingan sebelumnya telah saya sampaikan mengenai "SENSOR-SENSOR PADA MOBIL AVANZA".
Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai throttle position sensor. Baca juga :"Cara Memperbaiki MAF SENSOR".

TPS adalah bagian sensor pada throttle bodi yang berhubungan dengan buja tutupnya katup. Sensor ini yang mengatur seberapa banyak asupan udara yang dibutuhkan.

Jadi fungsi dari Throttle Position Sensor yaitu mengukur sudut buka dan tutup throttle lalu mengirimkan data tersebut ke PCM/ECU berupa sinyal DC Volt.

Bagaimana cara kerja TPS ?

SAAT ANDA MENGINJAK PEDAL GAS.
Plat throttle akan membuka dan TP sensor mengukur berapa banyak udara yang masuk dan mengukur sudut bukaan throttle dan mengirimkannya ke PCM/ECU
PCM akan menyemprotkan bahan bakar lebih banyak.
SAAT ANDA MELEPASKAN PEDAL GAS.
Plat throttle akan menutup dan TP sensor akan mengukur berapa banyak udara yang masih masuk dan mengukur sudut saat plat throttle menutup dan mengirimkannya ke PCM/ECU
PCM akan menyemprotkan bahan bakar lebih sedikit.


Bagaimana Cara Memeriksa TP Sensor ?

Periksa tegangan sinyal TP sensor dengan multimeter, hubungkan LEAD multimeter dengan kabel sensor yang letaknya ditengah, dan buka dantutup plat throttle secara manual dan lihat apakah sensor menghasilkan sinyal tegangan DC yang bervariasi.
    - Jika multimeter mencatatkan kenaikan tegangan halus dan penurunan tanpa celah, ini adalah hasil yang benar. sinyal TP sensor normal.
    - Jika multimeter tidak mencatatkan kenaikan yang halus dan penurunan tegangan, ini adalah hasil yang buruk, sensor TP sudah rusak, ganti sensor TP
    - Jika multimeter tidak menampilkan tegangan apapun, jangan langsung memvonis TP Sensor anda yang rusak dulu, kemungkinan arus listrik atau ground (massa) yang ke TP sensor tidak sampai.


0 komentar:

Post a Comment