Saturday, 11 February 2017

Fungsi IAT Sensor atau Intake Air Themperature


Assallamualaikum wr wb  Jakarta  Feb 2017


IAT SENSOR


Pada postingan saya sebelumnya telah sama sampaikan "Sensor-sensor pada mobil avanza". Kali ini saya mencoba membahas kembali salah satu dari sensor tersebut, yaitu IAT sensor atauatau Intake Air Themperature  Sensor.

Sensor temperature udara masuk (Intake air temperature) merupakan sensor koreksi yang biasanya terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner dengan throttle body. Sensor ini berupa thermistor dengan bahan semikonduktor yang mempunyai sifat semakin panas temperature maka nilai tahanannya semakin kecil.

Cara Kerja IAT Sensor :

Sensor yang dihubungkan seri dengan tahanan dan diberi tegangan 5 V. Bila tegangan pada sensor berubah (karena temperature), maka tegangan yang ke ECU juga berubah. Tegangan kerja adalah 4,5 s/d 0,2 Volt, dari dingin ke panas.


Cara menguji IAT Sensor: 


Putar kunci kontak saklar OFF sebelum pengujian sensor.
1. Lepaskan konektor kabel memanfaatkan dari sensor IAT.

2. Gunakan Digital Volt-Ohmmeter (DVOM), mengukur resistansi antara dua terminal sensor.Intake Air Temperature (IAT) sensor konektor terminal identifikasi model 1994-96

3. Bandingkan perlawanan membaca dengan grafik yang menyertainya. Jika membaca untuk suhu tertentu adalah sekitar yang ditunjukkan dalam tabel, IAT sensor baik-baik saja.

4. Pasang konektor memanfaatkan kabel ke sensor.


Demikian informasi dari saya. Semoga bermanfaat.














2 komentar:

Budi jr said...

Lumayan bagus nmbah persaudaraan.. Sesama umat muslim itu bersaudara

hendi l.w said...

kira2 harga sensor IAT berapa Hu?

Post a Comment