Monday 24 October 2016

Tips Jitu Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin



Assallamualaikum wr wb  Jakarta Okt 2016

Tips Jitu Penyebab AC Mobil Tidak Dingin


Dizaman sekarang, AC bukan lagi kebutuhan lux untuk sebuah kendaraan. AC sangat penting bagi kendaraan. Terutama bagi yang sering berpergian jauh. Kali ini saya mencoba membahas penyebab AC mobil sering tidak dingin.

Sebab-sebab ac tidak dingin atau mengetahui dan mendeteksi penyebab ac mobil tidak dingin, Ac mobil yang tidak dingin atau ac kurang dingin atau ac panas bisa menjadi masalah serius saat kita sedang mengendarai mobil, apalagi dengan temperatur suhu udara yang panas di luar mobil.

Perlu untuk sedikit kita ketahui juga bahwa ac tidak dingin atau pun kurang dingin,bisa dibilang adalah relatif kenapa? Karena dingin atau tidaknya terkadang juga tergantung dari temperatur atau suhu di luar kabin atau suhu di luar mobil.

Berdasarkan dari hasil pengamatan kebanyakan perbedaan suhu di luar dengan di dalam kabin memiliki selisih kira-kira 10 derajat celsius.

Dengan kata lain kalau suhu diluar kabin terukur 32 derajat celsius, maka sudah cukup dingin kalau suhu di dalam kabin berkisar 20 sampai 22 derajat celsius.

Begitu juga ketika pengukuran suhu di lakukan untuk ac mobil yang dalam kondisi normal, ketika pengukuran di lakukan di mobil yang sama pada malam hari. Ketika temperatur atau suhu diluar menunjukan 26,8 derajat celsius,dibandingkan pengukuran suhu di dalam kabin (bukan di grill ac di dashboard) bisa mencapai 14 sampai 16 derajat celsius.

Untuk pengukuran suhu ac mobil biasanya dilakukan di grill ac didashboard, ini bertujuan untuk mengetahui kapan saat temperatur cut off atau on off dari kompressor ac.

Untuk catatan juga kendaraan yang ac mobilnya masih baik akan terukur suhu di grill ac antara 6 derajat celsius off kompressor dan 8 derajat celsius untuk on kembali.Akan terasa kurang dingin jika suhu pada grill ac hanya sanggup mencapai 9 derajat celsius.

Mungkin di antara kita bertanya kenapa ac mobil saya tidak dingin ya? Silakan lihat beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebab masalah ac mobil Anda.


Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin

Berikut adalah cara mendeteksi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin atau kurang dingin:

1.Drive Belt Putus
Drive belt atau bahasa umumnya kita kenal dengan fan belt ac putus sudah barang tentu akan menjadi penyebab ac tidak dingin karena fan belt ini bertugas untuk menyalurkan putaran mesin dengan putaran kompresor ac.

2.Freon kurang atau habis
Freon berkurang seringkali menjadi penyebab utama ac mobil kurang dingin, berkurangnya freon ini terjadi karena kebocoran pada sistem ac. Bocor freon yang terlalu kecil dan hanya terjadi pada tekanan tertentu misalnya pada 120 psi pada tekanan tinggi, pada tekanan tersebut ada kemungkinan bocor berhenti, sehingga freon tidak sampai habis sama sekali. Kebocoran seperti ini sering di temui pada sel o ring pada sambungan-sambungan pipa ac serta pada seal saft kompressor atau pun pada relief valve pada kompressor, tapi pengaruhnya ac bisa kurang dingin. Sedangkan kalau freon habis sudah jelas akan menyebabkan ac mobil tidak dingin.

3.Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena debu,karatan atau sirip pada permukaan yang tertekuk akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna.

4.Motor Cooling Fan Mati,Putaran lemah atau Putaran terbalik
Jika motor cooling fan ataupun extra fan terganggu dengan ditandai putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian  arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil.

5.Field Coil atau spul magnetic clutch Putus
Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly (center piece) tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang ikut berputar dengan mesin. Dan akan terlihat kompresor ac tidak berputar saat ac dihidupkan.

6.Tekanan dalam sistem AC Mobil berlebihan
Tekanan pada system ac berlebihan berkaitan dengan point 3 diatas akan menyebabkan over heat pada system ac sehingga high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch. Atau untuk kompressor ac yang di lengkapi temperature switch jika over heating terjadi maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus listrik menuju spull magnetic clutch.

7.Kelebihan oli kompressor
Pada System Ac mobil memiliki volume atau ruang yang tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang artinya jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg dengan kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke system ac, akan menyebabkan tekanan berlebihan. Dan jika menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang masuk,beruntung kalau hasilnya ac kurang dingin. Karena terkadang tidak mau dingin sama sekali.

8.Kompressor Aus
Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal,timbul bunyi dari kompresor saat ac hidup dan saling berkaitan jika kompressor Ac aus,bebrapa hal yang di akibatkan adalah pada sigh glass terlihat hitam,receiver driyer dan katup expansi tersumbat.

9.Evaporator Kotor atau tersumbat
Kotoran yang terdapat pada permukaan evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower kemudian menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara yang dihembuskan oleh blower ac tersumbat dan akan kita rasakan angin ac yang kurang kencang dari biasanya. Bisa juga disebabkan karena filter ac yang penuh debu karena kita lupa membersihkannya.

10.Saluran Buang Air Kondensasi Tersumbat
Jika saluran buang air kondensasi tersumbat oleh kotoran, pada rumah evap akan penuh dengan air yang berasal dari hasil kondensi pada permukaan evaporator,pada rumah evap akan berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Selain menyebabkan air menetes dari rumah evaporator.

Demikian.pemberitahuan dari saya. Semoga bermanfaat.

  *Ayah. Marahmu mungkin membuatku kesal. Tapi kecewamu selalu membuatku menyesal*
.

0 komentar:

Post a Comment