Wednesday 26 October 2016

Tips cara memanaskan mobil yg benar

Asalamualaikum wr wb   Jakarta  Okt 2016



Tips cara memanaskan mobil yg benar


Tips Memanaskan Mobil Yang Benar

Banyak pemilik kendaraan  yang  kurang  memperhatikan  hal  berikut  ini.  Padahal hal berikut adalah masalah yang penting.

Setelah lama tidak digunakan maka oli pelumas mesin akan turun dan tidak lagi melapisi komponen dalam mesin. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena ternyata pelumas sekarang sudah mampu untuk tetap tersisa dan ‘mengikat’ pada komponen mesin saat mobil tidak digunakan. Maka dari itu, waktu satu menit tadi sudah cukup untuk memancing kembali pelumas bekerja dengan optimal. Syaratnya, anda menggunakan pelumas mobil yang sesuai dengan ketentuan dari pabrikan kendaraan.

Jika mobil anda masih termasuk mobil keluaran lama, atau mobil yang menggunakan karburator, maka memanaskan mobil masih menjadi kebutuhan yang sedikit lebih penting dibandingkan mesin mobil terbaru. Namun, tidak perlu memanaskan mobil hingga 5 atau 10 menit. Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan adalah antara 2 hingga 3 menit. Dan perlu diingat, saat memanaskan mobil, tidak perlu menginjak gas mobil terlalu dalam. Biarkan mobil berada pada kondisi stasioner saja. Dan jangan menyalakan AC mobil saat memanaskan, kecuali mobil sudah akan digunakan dalam kondisi stabil. Hal ini bertujuan agar kerja mesin tidak terlalu berat.

Setelah dirasa cukup, maka silahkan kendarai mobil anda untuk digunakan. Namun di awal, jalan saja secara perlahan. Misalkan untuk keluar dari garasi rumah dan keluar dari komplek. Dengan cara ini, maka mesin mobil akan lebih stabil. Saat mobil berjalan ini, sesekali tekan pedal gas cukup dalam (dalam kondisi kopling diinjak) untuk menggeber mesin agar kotoran dan kerak yang terdapat dalam mesin bisa keluar dan terbuang melalui knalpot. Tidak perlu terlalu sering, mungkin hanya sesekali dalam seminggu saja.

Selanjutnya adalah saat anda memanaskan mobil, pastikan anda melakukannya di ruangan terbuka. Biasanya, banyak orang yang akan memarkir mobil dalam garasi mobil di dalam rumah. Saat pagi hari akan memanaskan mobil, terlebih dahulu buka pintu garasi dengan lebar agar udara bebas keluar masuk. Saat memanaskan mesin mobil, emisi gas buang yang keluar dari knalpot akan menjadi polusi dan racun yang bertebaran di udara. Jika anda memanaskan mobil dalam garasi tertutup, sangat dikhawatirkan jika polusi tersebut justru akan masuk ke dalam rumah anda sendiri.

Demikian informasi dari saya.  Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment