Friday, 28 October 2016

Tips mengatasi masalah pada mobil avanza

Assallamu alaikim wr.wr.  Jakarta 28 okt 2016

Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Mobil Avanza Dan Xenia

Seperti yang kita ketahui, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah dua mobil yang laris di pasar Indonesia.Dua MPV (multi purposed vehicle) keluarga ini memiliki banyak kelebihan. Dari segi rancang bangun, misalnya, Avanza dan Xenia berbagi platform, serta diproduksi melalui kontrol kualitas yang cukup ketat. Meski demikian, tidak ada gading yang tidak retak. Ada beberapa masalah yang
kerap ditemukan pada kedua mobil ini. Inilah yang coba saya utarakan di sini, sehingga kita bisa meminimalkan kekurangan yang ada di Avanza dan Xenia dengan perawatan mobil yang tepat.


Tips Mengatasi Masalah Pada Mobil Avanza



Accu Cepat Tekor

Solusinya cukup mudah, yaitu dengan menambah titik massa (kabel kutub negatif aki-red) yang menempel ke bodi,

Tutup Samping Fog Lamp Hilang

Jika diteliti lebih jauh, sering copotnya komponen seharga 50 ribu rupiah ini, disebabkan tipisnya pengkait tutup foglamp tersebut ke lubangnya di bumper.Banyak pemilik Avanza yang mengakalinya dengan memasang tutup samping foglamp milik Xenia. Sebab, kuping pengkaitnya sedikit lebih keras

Timbul Gejala Limbung

Cara mengatasinya, yaitu dengan mengganti per dan shockabsorber produk aftermarket yang sedikit lebih keras,hindari pemasangan strut bar dan stabiliser, karena akan membuat handling lebih rigid

Sirip Ventilasi Cepat Pudar

Gunakan semir sepatu warna hitam berwujud pasta untuk menghitamkannya kembali,

 Velg Keluar Bodi

Mengatasinya, ganti dengan shockabsorber aftermarket yang memiliki posisi mangkok agak tinggi. Dengan cara ini, Avanza-Xenia bisa memakai velg berukuran lebar bahkan hingga 20 inci.

Suspensi Belakang


Penyakit paling umum yang ditemui pada Avanza berusia tua adalah bunyi dug-dug dari suspensi belakang. Hal tersebut bukanlah salah dari kaki-kaki, namun tanda karet stabilizer sudah harus diganti.

Biasanya Avanza diisi penuh baik oleh penumpang maupun barang. Karena itulah biasanya karet stabilizer perlahan menjadi melemah dan menyebabkan bunyi ‘duk-duk’ saat melalui jalanan rusak. Nah ini harus diganti.

Selain menyebabkan bunyi asing, ternyata karet stabilizer juga berfungsi untuk menjadikan mobil menjadi lebih stabil saat dijalankan.

Kalau karet sudah melemah, saat berkendara akan terasa lebih limbung. Kondisi tersebut tentu sangat berbahaya apalagi bila berkendara dengan kecepatan tinggi.

Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli toyota avanza. Semoga Bermanfaat. Wassalam !


0 komentar:

Post a Comment